Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional) diperingati setiap tanggal 2 Mei di Indonesia. Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hardiknas berdasarkan Keputusan Presidan (Kep. Pres) No. 316 Tahun 1959 yang ditanda-tangani pada 16 Desember 1959. Penetapan tanggal 2 Mei yang ditetapkan sebagai Hardiknas ini adalah tanggal lahir Ki Hadjar Dewantara, salah seorang pahlawan nasional kita yang dihormati sebagai “Bapak Pendidikan Nasional” sejak dari era kolonialisme Belanda hingga sekarang. Ki Ki Hadjar Dewantara dikenal karena keberaniannya menentang kebijakan pendidikan Pemerintah Hindia Belanda masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak Belanda dan orang kaya yang bisa mengenyam pendidikan. Kritiknya terhadap kebijakan Pemerintah Kolonial Belanda menyebabkan dia diasingkan ke Belanda. Setelah masa pengasingannya dan kembali ke Indonesia, dia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bernama Taman siswa. Hampir seluruh hidupnya dihabiskan untuk memperjuangkan kemajuan pendidikan di Indonesia, dan oleh perjuangannya, di era setelah kemerdekaan, dia diangkat menjadi Menteri Pendidikan. Filosofinya ‘Tut Wuri Handayani’ (di belakang memberi dorongan) hingga saat ini dipakai menjadi motto pendidikan Indonesia.

Mari kita peringati hari Pendidikan nasional hari ini dengan mengambil pelajaran dari covid 19. Diantaranya :

  1. Untuk pertama kalinya guru-guru melakukan pembelajaran melalui daring menggunakan perangkat baru dan menyadari  sebenarnya pembelajaran bisa terjadi di mana pun.
  2. Dengan adanya COVID 19 meningkatkan kesadaran kepada orangtua bahwa mengajar itu sulit, sehingga  orangtua bisa menyadari dan tidak menyalahkan lagi pendidik. Dan sekolah bukanlah tempat penitipan anak. Untuk mendidik anak dibutuhkan kontribusi ketiganya itu Guru, Orangtua dan anak. Agar tercipta pendidikan yang efektif.
  3. Guru, siswa, dan orang tua sekarang menyadari bahwa pendidikan itu bukan sesuatu yang hanya bisa dilakukan di sekolah.
  4. COVID 19 menimbulkan empati, solidaritas di tengah masyarakat kita pada saat pandemi Covid-19 ini merupakan suatu pembelajaran yang harus kita kembangkan. Bukan hanya di masa krisis ini, tetapi juga di saat krisis ini telah berlalu.

Ayo kobarkan Semangat belajar!
Demi kemajuan masa depan negeri ini!!!

#HARDIKNAS
#SMAN8BOGOR